REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Gunungsitoli

SYAHRUL MIZAN HAREFA (2023)

penelitian-pemanfaatan-media-audio-visual-dalam-meningkatkan-pemahaman-siswa-kelas-vii-pada-mata-pelajaran-sejarah-kebudayaan-islam-di-sekolah-madrasah-tsanawiyah-negeri-gunungsitoli

Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Gunungsitoli

Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Gunungsitoli, pemanfaatan media audio visual...

Author: SYAHRUL MIZAN HAREFA
Date: 2023
Keywords: pemanfaatan media audio visual
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh media audio visual, apakah berpengaruh dalam peningkatan pemahaman siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di sekolah Tsanawiyah Negeri Gunungsitoli. (2) Untuk mengetahui apa saja hasil pemahaman setelah guru menggunakan media audio visual pada siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di sekolah Tsanawiyah Negeri Gunungsitoli. (3) Untuk mengetahui apa saja faktor yang dapat menghambat dan mendukung setelah guru memanfaatkan media audio visual ke pada siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di sekolah Tsanawiyah Negeri Gunungsitoli. Metode penelitian yang saya gunakan di dalam studi ini berupa metode kualitatif. Yang mana metode kualitatif ini sebagai prosedur penelitian yang dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata kalimat tertulis ataupun lisan dari orangorang dan perilaku yang dapat diamati. Metode kualitatif ini saya gunakan karena beberapa pertimbangan, metode kualitatif ini sangat mudah untuk menyesuaikan bila berhadapan dengan pernyataan ganda, Karena metode ini juga menyajikan hakekat hubungannya di antara peneliti dan responden secara langsung a p a l a g i metode ini lebih peka, hingga dapat menyesuaikan diri dan juga banyak penajaman pengaruh terhadap pola-pola nilai yang dihadapi peneliti. Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran dapat menambah minat belajar siswa, keaktifan siswa dalam belajar, memberikan ketertarikan siswa dalam belajar dan juga dapat menambah dan meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran materi pendidikan agama islam, dapat dilihat dari peningkatan aktifitas belajar siswa sebelum atau pun sesudah menggunakan media belajar audio visual. Penggunaan media belajar audio visual ini pada pelajaran pendidikan agama islam memang tidak terlepas dari faktor-faktor yang menghambat dan juga faktor yang mendukung yang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Dengan adanya faktor pendukung yang berpengaruh dalam proses pembelajaran memudahkan guru dalam melaksanakan peran tugasnya dalam memenuhi tujuan pembelajaran.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB