REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

EKSISTENSI UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DALAM RANGKA MENCEGAH DAN MENANGGULANGI KAMPANYE HITAM (BLACK CAMPAIGN) TERKAIT PEMILIHAN KEPALA DAERAH

MUHAMMAD AKBAR (2023)

penelitian-eksistensi-undangundang-informasi-dan-transaksi-elektronik-dalam-rangka-mencegah-dan-menanggulangi-kampanye-hitam-black-campaign-terkait-pemilihan-kepala-daerah

EKSISTENSI UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DALAM RANGKA MENCEGAH DAN MENANGGULANGI KAMPANYE HITAM (BLACK CAMPAIGN) TERKAIT PEMILIHAN KEPALA DAERAH

EKSISTENSI UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DALAM RANGKA MENCEGAH DAN MENANGGULANGI KAMPANYE HITAM (BLACK CAMPAIGN) TERKAIT PEMILIHAN KEPALA DAERAH, Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, Media Sosial, Kampanye Hitam, Pilkada...

Author: MUHAMMAD AKBAR
Date: 2023
Keywords: Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, Media Sosial, Kampanye Hitam, Pilkada
Type: Skripsi
Category: penelitian

Kampanye merupakan salah satu rangkaian penting dalam proses pemilihan kepala daerah. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkhususnya Media sosial menjadi ruang publik virtual bagi masyarakat yang ingin menjalankan aktivitas politiknya. Ada tiga permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini, Eksisistensi Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik menanggulangi kampanye hitam (Black Campaign) dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah, faktor-faktor yang menimbulkan adanya kampanye hitam (Black Campaign) di media sosial dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah, bentuk penanggulangan kampanye hitam (Black Campaign) dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah, Jenis penelitian ini adalah yuridis normatif, dengan penelitian bersifat deskriptif kualitatif yang bersumber dari bahan hukum yang didapat dari studi kepustakaan dan studi lapangan Eksistensi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik terhadap Kampanye Hitam (Black Campaign) diantaranya yaitu Pasal 27 ayat (3) serta Pasal 28 ayat (2). faktor-faktor yang menimbulkan adanya kampanye hitam (Black Campaign) di media sosial adalah menarik simpati masyarakat, menjatuhkan lawan, dan melecehkan tokoh-tokoh tertentu, Bentuk penanggulangan kampanye hitam (Black Campaign) di media sosial dapat dilakukan melalui upaya preventif dan represif. Adapun upaya preventif melakukan kerja sama antar-lembaga, membuat aplikasi pendeteksi dini konten negatif. Upaya represif dilakukan dengan menutup akun atau situs yang melakukan kampanye hitam (Black Campaign).

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB