REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Penerapan Media Kartu Huruf Abjad Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Usia 5-6 Tahun di TK Inayah Az Zahra Kecamatan Medan Selayang

LEDY SYARAH (2022)

penelitian-penerapan-media-kartu-huruf-abjad-bergambar-dalam-meningkatkan-kemampuan-membaca-permulaan-usia-56-tahun-di-tk-inayah-az-zahra-kecamatan-medan-selayang

Penerapan Media Kartu Huruf Abjad Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Usia 5-6 Tahun di TK Inayah Az Zahra Kecamatan Medan Selayang

Penerapan Media Kartu Huruf Abjad Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Usia 5-6 Tahun di TK Inayah Az Zahra Kecamatan Medan Selayang, Anak Usia Dini, Kemampuan Membaca, dan Media Kartu Abjad...

Author: LEDY SYARAH
Date: 2022
Keywords: Anak Usia Dini, Kemampuan Membaca, dan Media Kartu Abjad
Type: Skripsi
Category: penelitian

Kemampuan Membaca dilakukan di TK Inayah Az Zahra Medan Selayang, rendahnya kemampuan membaca permulaan anak dapat diketahui ketika guru melakukan penilaian di dalam proses belajar membaca kata, sedikit anak yang mampu membaca dengan kriteria baik, yakni anak masih kesulitan membedakan huruf dan membaca kata yang sudah diejanya. Berdasarkan hasil penilaian kemampuan membaca anak masih kesulitan mengenal konsep huruf dan kata sebagai tahapan kemampuan membaca permulaan, padahal kemampuan berbahasa pada aspek keterampilan membaca merupakan dasar bagi pengembangan komunikasi anak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan potensi serta kemampuan yang dimiliki anak diantaranya guru hendaknya memiliki keterampilan dalam melakukan pemberian rangsangan pada setiap aspek perkembangan dan salah satunya dengan cara melakukan penerapan media kartu abjad untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang di fokuskan dengan pada sitauasi kelas. Alat pengumpul data terdiri dari, Observasi, dokumentasi, dan tanya jawab. Analisis data penelitian tindakan kelas dalam rangkaian langkah dua siklus, dimana satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan pengamatan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada siklus I dan II maka peneliti, simpulkan bahwa penerapan media kartu abjad dapat meningkatkan kemampuan membaca anak didik di TK Inayah Az Zahra Medan Selayang. Adapun anak didik yang Berkembang Sangat Baik (BSB) pada siklus 1 pertemuan ke-1 mencapai 0% pada pertemuan ke-2 masih dalam 0%, dan pada siklus II pertemuan ke1 29?n pertemuan ke-2 mencapai 79%

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB