![penelitian-inovasi-pembelajaran-pendidikan-agama-islam-pai-di-smp-swasta-nahdhatul-ulama-medan penelitian-inovasi-pembelajaran-pendidikan-agama-islam-pai-di-smp-swasta-nahdhatul-ulama-medan](https://repository.pancabudi.ac.id/perpustakaan/lokalkonten/1710110092_1863_23_COVER.jpg)
Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Swasta Nahdhatul Ulama Medan
Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Swasta Nahdhatul Ulama Medan, Inovasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam...
Author: SITI KHODIJAH
Date: 2022
Keywords: Inovasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui apa saja inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan. Selanjutnya bagaimana dampak dilaksanakanya inovasi pembelajaran di SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan serta ingin mengetahui faktorfaktor pendukung dan penghambat pelaksanaan inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan Adapun metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitati dengan menggunakan jenis pendekatan fenomenalogi, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, pengeekan keabsahan data menggunakan teknik tringulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi pembelajaran yang dilakukan menekankan pada: Pertama, Penyampaian materi Pendidikan Agama Islam yang diberikan menerapkan empatInovasi pembelajaran yakni strategi contextual Teaching and Learning (CTL), media power point, media handphone serta perlombaan praktek ibadah. Kedua, Dampak Pelaksanaan Inovasi Pembelajaran terlihat pada dua hal berikut ini: a)siswa menjadi terlatih mengaitkan antara pelajaran yang diperoleh dengan apa yang terjadi di lingkungan saat itu, siswa juga mampu menyadari akan pentingnya memahami agama karena agama merupakan kebutuhan setiap orang dan sebagai bekal di akhirat kelak.; b). Perubahan sikap siswa yang semakin membaik. Ketiga, Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat pelaksanaan Inovasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: 1) faktor pendukung inovasi pembelajaran PAI adalah sebagai berikut ini: a). Kemampuan guru, karena dalam hal ini melihat pentingnyaperan seorang guru, dimana guru yang akan bertanggung jawabdalam membentuk moral dan akhlak siswa. b).Kemampuan siswa, kemampuan siswaakan sangat menunjangPelaksanaan Inovasi Pembelajaran dengan ditunjang oleh sikap adaptasi siswa yang mau menerimaperubahan dalam proses belajar mengajar. c). Sarana dan prasarana yang menunjang untuk dipergunakandengan maksud menumbuhkan kecakapan dan perkembanganpenguasaan pengetahuan oleh guru dan siswa sesuai denganperkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya dan ilmupendidikan pada khususnya.2).Faktor penghambat dalam Pelaksanaan Inovasi Pembelajaran antara lain adalah sebagai berikut: a).Keterbatasan guru, dalam hal ini masih banyak guru yangbelum mampu sepenuhnya dalam menerapkan strategi tersebutkarena minimnya pemahaman dan kurangnya buku penunjang. b).Sarana dan prasarana yang kurang memadaii. c).Kemampuan dan jiwa psikologis siswa yang beragam.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB