
Strategi guru Pai dalam mengatasi kesulitan membaca Al Qur'an siswa kelas 12 Smk swasta muhammaddiyah 09 medan
Strategi guru Pai dalam mengatasi kesulitan membaca Al Qur'an siswa kelas 12 Smk swasta muhammaddiyah 09 medan, Strategi Guru PAI, Kesulitan, membaca Al-Qur’an...
Author: BOBY BERUTU
Date: 2023
Keywords: Strategi Guru PAI, Kesulitan, membaca Al-Qur’an
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi guru PAI mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an. adapun tujuan dalam penelitian yaitu : 1) Untuk mengetahui Bentuk kesulitan dan faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an di SMK Muhammadiyah 09 Medan. 2) Untuk mengetahui Strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca AlQur’an di SMK Muhammadiyah 09 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu jenis penelitian adalah field research dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumer data yang digunakan adalah sumer data primer meliputi kepala SMK, Waka Kesiswaan, guru PAI, Wali Murid dan siswa siswi di SMK Muhammadiyah 09 Medan. Tekknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Bentuk kesulitan yang dihadapi siswa-siswi SMK Muhammadiyah 09 Medan dalam membaca Al-Qur’an ialah mengenai makharijul huruf, Ilmu Tajwid, dan panjang pendek bacaan. Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an umumnya dikarenakan faktor perhatian keluarga, lingkungan masyarakat, teman sebaya, riwayat pendidikan AlQur’an dan alat elektronik Hp. 2) Strategi guru PAI di SMK Muhammadiyah 09 Medan lebih banyak mengarah ke sisi minat siswa. Guru ingin memunculkan minat dan motivasi siswa terlebih dahulu untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan cara memberikan nasihat, motivasi dan membuat suasana pembelajaran kondusif dan menyenangkan dengan menggunakan metode yanbu’a. Dimana awalnya siswa-siswi di saring untuk dikelompokkan sesuai dengan kemapuan membaca Al-Qur’annya. bagi siswa-siswi yang kurang dalam membaca Al-Qur’an maka akan dimasukan kedalam kelompok belajar membaca Al-Qur’an sesuai tingkatan jilidnya. Dan bagi siswa-siswi dengan bacaan yang baik akan dimasukan kedalam kelompok khotmil Al-Qur’an.. Kemudian memaksimalkan metode dan media yang ada dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB