REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam meningkatkan cinta lingkungan di SMP swasta Pertiwi kota Medan

NONA NUR HASNAH (2023)

penelitian-penanaman-nilainilai-pendidikan-agama-islam-dalam-meningkatkan-cinta-lingkungan-di-smp-swasta-pertiwi-kota-medan

Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam meningkatkan cinta lingkungan di SMP swasta Pertiwi kota Medan

Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam meningkatkan cinta lingkungan di SMP swasta Pertiwi kota Medan, Penanaman, Nilai-Nilai Agama Islam, Cinta Lingkungan...

Author: NONA NUR HASNAH
Date: 2023
Keywords: Penanaman, Nilai-Nilai Agama Islam, Cinta Lingkungan
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana penanaman nilainilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan cinta lingkungan di SMP Swasta Pertiwi Kota Medan, 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan cinta lingkungan di SMP Swasta Pertiwi Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari kepala sekolah SMP Swasta Pertiwi Medan, Guru-Guru SMP Swasta Pertiwi Medan, dan Siswa-siswi SMP Swasta Pertiwi Medan. Adapun sumber data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan cinta lingkungan berupa: memberikan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan, membiasakan siswa dalam menjaga kebersihan, menanamkan rasa tanggung jawab siswa terhadap lingkungan, memberikan contoh langsung dalam menjaga kebersihan lingkungan, mengingatkan siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sesuai RPP, memberi pemahaman Agama Islam dalam menjaga lingkungan, mengajarkan siswa dalam mengelola sampah. Adapun faktor pendukungnya berupa adanya sarana-prasarana, adanya kegiatan lomba, kegiatan program peduli lingkungan dan kegiatan dalam mengelola dan mendaur ulang sampah menjadi suatu yang bermanfaat sedangkan faktor penghambatnya masih ada siswa yang kurang paham akan kesadaran menjaga kebersihan lingkungan sekolah, masih adanya siswa yang membuang sampah sembarangan seperti dilaci-laci meja belajar.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB