REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Analisis swot yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada pratama catering medan

Rizki alfian hasibuan (2015)

penelitian-analisis-swot-yang-mempengaruhi-kepuasan-konsumen-pada-pratama-catering-medan

Analisis swot yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada pratama catering medan

Analisis swot yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada pratama catering medan, Kepuasan Konsumen...

Author: Rizki alfian hasibuan
Date: 2015
Keywords: Kepuasan Konsumen
Type: Skripsi
Category: penelitian

Seiring dengan pertumbuhan bisnis kuliner di Kota Medan, menyebabkan semakin tingginya tingkat persaingan yang dihadapi oleh Pratama Catering Medan. Banyaknya komplain yang diberikan konsumen kepada Pratama Catering Medan mengindikasikan kurang optimalnya kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen Pratama Catering Medan. Penelitian ini menguji empat variabel independen yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dapat mempengaruhi variabel dependen yaitu kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Pratama Catering Medan. Sampel diambil sebanyak 71 responden dengan menggunakan teknik Non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh konsumen. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis melalui Uji t dan Uji F, serta analisis Koefisien Determinasi (R2). Dari analisis regresi diperoleh persamaan sebagai berikut: Y= 3,296 + 0,431 X1 + 0,269 X2 + 0,332 X3 - 0,153 X4 + e. Variabel kekuatan memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,431, kemudian diikuti oleh variabel kelemahan sebesar 0,269, peluang sebesar 0,332 dan ancaman sebesar -0,153. Sedangkan variabel ancaman mempunyai pengaruh paling rendah dibandingkan variabel lain sebesar -0,153. Hasil analisis menggunakan uji t dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu kekuatan (X1), kelemahan (X2), dan peluang (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan konsumen (Y) dan ancaman (X4) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Kemudian hasil analisis menggunakan uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu kekuatan (X1), kelemahan (X2), peluang (X3) dan variabel ancaman (X4) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan konsumen (Y). Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa 55,1% variasi dari kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Sedangkan sisanya 44,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB