REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

PENGARUH KECERDASAAN MANUSIA DAN PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN

AGITA ERMADINA TARIGAN (2025)

penelitian-pengaruh-kecerdasaan-manusia-dan-pemahaman-kode-etik-profesi---------------------akuntan-terhadap-perilaku-etis-mahasiswa-akuntansi-universitas-pembangunan-----------------------------------panca-budi-medan

PENGARUH KECERDASAAN MANUSIA DAN PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN

PENGARUH KECERDASAAN MANUSIA DAN PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Pemahaman Terhadap Kode Etik Profesi Akuntan, Perilaku Etis...

Author: AGITA ERMADINA TARIGAN
Date: 2025
Keywords: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Pemahaman Terhadap Kode Etik Profesi Akuntan, Perilaku Etis
Type: Jurnal
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan pemahaman terhadap kode etik profesi akuntan terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Lokasi penelitian dilakukan di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Populasi penelitian berjumlah 467 Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2020-2022, dan sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh 82 orang responden. Data yang digunakan terdiri dari data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner serta data sekunder yang dikumpulkan melalui studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda yang diolah melalui bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan pemahaman terhadap kode etik profesi akuntan masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa. Secara simultan, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan pemahaman terhadap kode etik profesi akuntan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi. Temuan ini mengindikasikan bahwa kemampuan kognitif, pengendalian emosi, pemahaman nilai spiritual, serta pengetahuan etika profesi memainkan peran penting dalam membentuk perilaku etis calon akuntan di masa depan.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB