PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SDIT AL-IKRAM
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SDIT AL-IKRAM, Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar, SDIT Al- Ikram...
Author: AHMAD AFANDI
Date: 2021
Keywords: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar, SDIT Al- Ikram
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDIT Al-Ikram. Fokus penelitian ini mencakup bentuk-bentuk peran guru PAI, strategi yang digunakan, serta faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian meliputi guru PAI, kepala sekolah, dan beberapa siswa SDIT Al- Ikram. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai pendidik, motivator, dan teladan dalam menumbuhkan semangat belajar siswa. Guru PAI di SDIT Al-Ikram menggunakan berbagai strategi, seperti pembelajaran kontekstual, pemberian nasihat islami, penggunaan metode kisah teladan, serta pemberian penghargaan bagi siswa yang berprestasi. Faktor pendukung keberhasilan guru dalam meningkatkan motivasi belajar antara lain lingkungan sekolah yang religius dan dukungan dari pihak sekolah serta orang tua. Adapun faktor penghambatnya meliputi perbedaan karakter siswa dan kurangnya perhatian sebagian orang tua terhadap pembelajaran PAI di rumah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran guru PAI di SDIT Al- Ikram sangat penting dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, baik melalui keteladanan, pendekatan emosional, maupun penerapan strategi pembelajaran yang menarik dan islami.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB