ANALISIS CONTRIBUTION MARGIN SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA USAHA PENJUALAN DAGING SAPI DI KECAMATAN GALANG KABUPATEN DELI SERDANG
ANALISIS CONTRIBUTION MARGIN SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA USAHA PENJUALAN DAGING SAPI DI KECAMATAN GALANG KABUPATEN DELI SERDANG, Algoritma C4.5, Website, Waterfall...
Author: Fahreza Saefullah Fattah
Date: 2025
Keywords: Algoritma C4.5, Website, Waterfall
Type: Jurnal
Category: penelitian
Usaha penjualan daging sapi juga menghadapi beberapa tantangan. Pertama, biaya produksi yang tinggi, termasuk biaya pemotongan, biaya penyusutan, dan biaya oprasional lainnya, dapat mengurangi margin keuntungan. Kedua, permasalahan logistik dan distribusi, terutama di daerah terpencil, dapat menyebabkan peningkatan biaya dan menurunkan kualitas daging yang sampai ke konsumen. Ketiga, fluktuasi harga sapi potong dan daging sapi di pasaran dapat mempengaruhi pendapatan peternak dan pedagang daging. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis biaya variabel dalam usaha penjualan daging sapi serta bagaimana penggunaan Contribution margin dapat membantu pedagang daging dalam perencanaan laba. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini akan memisahkan biaya semivariabel menjadi biaya tetap dan biaya variabel menggunakan metode least squares, yang dipilih karena akurasi dan objektivitasnya yang lebih tinggi dibandingkan metode lainnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penjualan historis selama tiga bulan terakhir. Selain itu, analisis time series (runtun waktu) akan dilakukan untuk memprediksi penjualan pada bulan selanjutnya. Hasil penelitian ini adalah: BEP: 2.357 kg/bulan, Target Laba Rp10 juta: 3.357 kg/bulan, Strategi: Fokus pada produk high-CM (seperti Tenderloin) dan manfaatkan momentum harga tinggi (Lebaran), Margin of Safety 21.4%: Cukup aman, tetapi perlu peningkatan penjualan untuk stabilitas.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB