Analisis Electronic Word of Mouth, Personal Selling, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo di PT World Innovative Telecommunication
Analisis Electronic Word of Mouth, Personal Selling, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo di PT World Innovative Telecommunication, Electronic Word of Mouth, Personal Selling, Brand Image, Keputusan pembelian...
Author: KANIA DITA PUTRI
Date: 2025
Keywords: Electronic Word of Mouth, Personal Selling, Brand Image, Keputusan pembelian
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mencari bagaimana pengaruh dari electronic word of mouth, personal selling, dan brand image terhadap keputusan pembelian di Smartphone Oppo di PT World Innovative Telecommunication. Populasi pada penelitian ini sebanyak 596 orang konsumen dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 86 orang responden. Teknik samping yang digunakan adalah accidental sampling. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2024. Penelitian ini menggunakan data primer-kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang kemudian data tersebut diolah dengan aplikasi SPSS 24 dengan teknik regresi linear berganda dan kemudian hasilnya dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth, personal selling, dan brand image baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo di PT World Innovative Telecommunication. Hasil uji t menunjukkan bahwa electronic word of mouth memiliki nilai regresi sebesar 0,425, nilai signifikan sebesar 0,000, dan thitung sebesar 7,345. Personal selling memiliki nilai regresi sebesar 0,227, nilai signifikan sebesar 0,000, dan thitung sebesar 3,933. Brand image memiliki nilai regresi sebesar 0,274, nilai signifikan sebesar 0,000, dan thitung sebesar 4,012. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000, Fhitung sebesar 380,342. Nilai ttabel sebesar 1,989 dan Ftabel sebesar 2,716. Hipotesis H1, H2, H3, dan H4 terbukti benar dan dapat diterima karena hasil penelitian sejalan dengan hipotesis. Electronic word of mouth menjadi variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian karena memiliki nilai beta terbesar yaitu sebesar 0,492. Sekitar 93,1% keputusan pembelian dapat dijelaskan dan diperoleh dari electronic word of mouth, personal selling, dan brand image, sedangkan sisanya oleh faktor lain. Keputusan pembelian memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap electronic word of mouth, personal selling, dan brand image.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB