REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Perancangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pelayanan Konsumen Pada CV.ZAN TRIDA MANDIRI

T. DZIRA ARIFAH (2025)

penelitian-perancangan-electronic-customer-relationship-management-ecrm-pelayanan-konsumen-pada-cvzan-trida-mandiri

Perancangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pelayanan Konsumen Pada CV.ZAN TRIDA MANDIRI

Perancangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pelayanan Konsumen Pada CV.ZAN TRIDA MANDIRI, Black Box Testing, (E-CRM), pelayanan konsumen, website...

Author: T. DZIRA ARIFAH
Date: 2025
Keywords: Black Box Testing, (E-CRM), pelayanan konsumen, website
Type: Skripsi
Category: penelitian

Perkembangan pesat dalam dunia bisnis mendorong perusahaan-perusahaan untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Dalam konteks ini, meningkatkan loyalitas konsumen menjadi krusial bagi perusahaan untuk mempertahankan persaingan pasar dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah Electronic Customer Relationship Management (E-CRM), sebuah strategi bisnis yang memungkinkan perusahaan untuk efektif mengelola hubungan baik dengan konsumen melalui berbagai saluran komunikasi elektronik. CV. ZAN Trida Mandiri, sebuah perusahaan advertising di Kota Medan, dalam menghadapi tantangan dalam mengelola interaksi dengan konsumen melalui email dan WhatsApp. penumpukan email dari konsumen menyebabkan masalah penyimpanan data, sedangkan penggunaan WhatsApp dapat menyebabkan slow respon karena hanya dilayani oleh satu karyawan yang dapat menyebabkan antrian dalam pelayanan konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi E-CRM berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, database dan MySql kemudian juga akan dilakukan pengujian menggunakan Black Box Testing agar memastikan web dapat berjalan sesuai harapan guna untuk memperbaiki pelayanan konsumen di CV. ZAN Trida Mandiri. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dengan lebih cepat dan dapat melacak riwayat konsumen secara real-time, dalam menganalisis database pelanggan, dan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan interaksi dan hubungan dengan konsumen agar lebih baik

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB