REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Transformasi digital ekonomi dalam mendukung UKM berbasis E-commerce di kota medan

EKA ARSELA NASUTION (2025)

penelitian-transformasi-digital-ekonomi-dalam-mendukung-ukm-berbasis-ecommerce-di-kota-medan

Transformasi digital ekonomi dalam mendukung UKM berbasis E-commerce di kota medan

Transformasi digital ekonomi dalam mendukung UKM berbasis E-commerce di kota medan, Opportunity, Economy Transaction, Sosial Media, Technology, Electronic Markets (Ems) Digitalisasi Pengembangan UKM, UKM dan ECommerce...

Author: EKA ARSELA NASUTION
Date: 2025
Keywords: Opportunity, Economy Transaction, Sosial Media, Technology, Electronic Markets (Ems) Digitalisasi Pengembangan UKM, UKM dan ECommerce
Type: Thesis
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana transformasi digital ekonomi dalam mendukung Pengembangan UKM berbasis E-commerce di Kota Medan, dengan menggunakan variabel X Opportunity, Economy Transaction, Sosial Media, Technology, dengan variabel Y Electronic Markets (Ems) dan Digitalisasi Pengembangan UKM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 1.260 responden, dan sampel sebanyak 258 pelaku UKM melalui purposive random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan dianalisis secara statistik melalui uji hipotesis menggunakan analisis jalur pada software SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Opportunity tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Electronic Markets (Ems); (2) Opportunity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Digitalisasi Pengembangan UKM; (3) Economy Transaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap Electronic Markets (Ems); (4) Economy Transaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap Digitalisasi Pengembangan UKM; (5) Sosial Media berpengaruh positif dan signifikan terhadap Electronic Markets (Ems); (6) Sosial Media berpengaruh positif dan signifikan terhadap Digitalisasi Pengembangan UKM; (7) Technology tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Electronic Markets (Ems); (8) Technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap Digitalisasi Pengembangan UKM; (9) Electronic Markets (Ems) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Digitalisasi Pengembangan UKM; (10) Electronic Markets (Ems) memiliki peran tidak signifikan dalam memediasi Opportunity terhadap Digitalisasi Pengembangan UKM; (11) Electronic Markets (Ems) memiliki peran signifikan dalam memediasi Economy Transaction terhadap Digitalisasi Pengembangan UKM; (12) Electronic Markets (Ems) memiliki peran tidak signifikan dalam memediasi Sosial Media terhadap Digitalisasi Pengembangan UKM dan (13) Electronic Markets (Ems) memiliki peran signifikan dalam memediasi Technology terhadap Digitalisasi Pengembangan UKM. Temuan ini menegaskan pentingnya Opportunity, Economy Transaction, Sosial Media, dan Technology dalam Pengembangan Electronic Markets (Ems) dan Digitalisasi Pengembangan UKM pada sektor UKM kota Medan.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB