REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Implementasi Aplikasi Customer Relationship Management Berbasis Web Pada Toko Diana Tupperware

Ghiffari Anastama (2025)

penelitian-implementasi-aplikasi-customer-relationship-management-berbasis-web-pada-toko-diana-tupperware

Implementasi Aplikasi Customer Relationship Management Berbasis Web Pada Toko Diana Tupperware

Implementasi Aplikasi Customer Relationship Management Berbasis Web Pada Toko Diana Tupperware, Customer Relationship Management, CRM, Web, Metode waterfall...

Author: Ghiffari Anastama
Date: 2025
Keywords: Customer Relationship Management, CRM, Web, Metode waterfall
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis web pada Toko Diana Tupperware. Permasalahan yang diidentifikasi adalah perlunya sistem yang dapat memfasilitasi pengelolaan data pelanggan, data barang, data transaksi, dan penanganan keluhan secara efisien untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall yang melibatkan tahapan analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Implementasi desain dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan spesifikasi perangkat keras dan lunak minimum yang mendukung performa optimal sistem. Pengujian dilakukan menggunakan teknik black box testing, dan hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem CRM ini berfungsi dengan baik dan diharapkan peningkatan kualitas layanan pelanggan dapat tercapai, serta toko dapat memberikan layanan yang lebih responsif, yang berpotensi meningkatkan loyalitas pelanggan

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB