Strategi Guru dalam Membangun Rasa Empati Anak Melalui Kegiatan Sosial di KB Al Azzam Sei Dadap Asahan
Strategi Guru dalam Membangun Rasa Empati Anak Melalui Kegiatan Sosial di KB Al Azzam Sei Dadap Asahan, Guru, Penelitian, kolaborasi, sosial, kegiatan,usia dini....
Author: SRI AYU KARTIKA
Date: 2025
Keywords: Guru, Penelitian, kolaborasi, sosial, kegiatan,usia dini.
Type: Jurnal
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membangun rasa empati anak usia dini melalui kegiatan sosial di KB Al Azzam Sei Dadap Asahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan anak didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan beberapa strategi, yaitu pembiasaan sosial, pelaksanaan proyek sosial, keteladanan, storytelling, pemberian penguatan positif, serta kolaborasi dengan orang tua. Strategi-strategi tersebut dilakukan secara konsisten dan kontekstual, sehingga anak dapat belajar memahami dan merasakan perasaan orang lain melalui pengalaman nyata. Penggunaan proyek sosial terbukti efektif dalam menumbuhkan empati karena melibatkan anak secara aktif dalam kegiatan yang bermakna. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru yang tepat dan berkesinambungan dapat membentuk sikap empatik anak sejak usia dini sebagai bagian dari pendidikan karakter.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB