REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Peran Guru dalam Membantu Anak Mengatasi Ketakutan Saat Beradaptasi di TK IT Qur'an Kisaran

AYU WIDARI (2025)

penelitian-peran-guru-dalam-membantu-anak-mengatasi-ketakutan-saat-beradaptasi-di-tk-it-qur-39an-kisaran

Peran Guru dalam Membantu Anak Mengatasi Ketakutan Saat Beradaptasi di TK IT Qur'an Kisaran

Peran Guru dalam Membantu Anak Mengatasi Ketakutan Saat Beradaptasi di TK IT Qur'an Kisaran, Peran Guru, Ketakutan Anak, Adaptasi, Anak Usia Dini...

Author: AYU WIDARI
Date: 2025
Keywords: Peran Guru, Ketakutan Anak, Adaptasi, Anak Usia Dini
Type: Jurnal
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membantu anak mengatasi ketakutan saat beradaptasi di TK IT Qur’an Kisaran. Ketakutan yang sering dialami anak usia dini pada masa transisi masuk sekolah antara lain berupa ketakutan berpisah dari orang tua (separation anxiety), takut terhadap lingkungan baru, takut menghadapi guru dan teman yang belum dikenal, serta rasa takut gagal dalam mengikuti kegiatan belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam mendampingi anak melalui masa adaptasi dengan menggunakan berbagai strategi, seperti pendekatan emosional secara individual, komunikasi aktif dengan orang tua, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan bernuansa Islami, penerapan metode bermain, serta pemberian penguatan positif. Strategi tersebut membantu menciptakan rasa aman dan nyaman bagi anak sehingga mereka dapat mengatasi ketakutannya secara bertahap. Selain itu, peran guru sebagai teladan dalam sikap sabar, lembut, dan penuh kasih sayang sangat membantu proses adaptasi berjalan dengan baik. Peran guru sangat menentukan dalam keberhasilan proses adaptasi anak usia dini di lingkungan sekolah. Guru yang mampu memahami kebutuhan emosional anak dan memberikan pendampingan secara tepat dapat membantu anak melewati masa transisi dengan lebih percaya diri dan siap untuk mengikuti kegiatan belajar di sekolah.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB