REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Pendidikan Toleransi dalam Perspektif Islam untuk Anak di PAUD Anak Sholih Mandailing Natal

IRMAWATI (2025)

penelitian-pendidikan-toleransi-dalam-perspektif-islam-untuk-anak-di-paud-anak-sholih-mandailing-natal

Pendidikan Toleransi dalam Perspektif Islam untuk Anak di PAUD Anak Sholih Mandailing Natal

Pendidikan Toleransi dalam Perspektif Islam untuk Anak di PAUD Anak Sholih Mandailing Natal, Pendidikan, Toleransi, Anak Usia Dini, Perspektif Islam, Karakter...

Author: IRMAWATI
Date: 2025
Keywords: Pendidikan, Toleransi, Anak Usia Dini, Perspektif Islam, Karakter
Type: Jurnal
Category: penelitian

Islam sebagai agama rahmatan lil 'alamin mengajarkan nilai-nilai toleransi yang mencakup kasih sayang, keadilan, dan penghargaan terhadap perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan toleransi dalam perspektif Islam di PAUD Anak Sholih, Mandailing Natal. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan toleransi dalam perspektif Islam di PAUD Anak Sholih Mandailing Natal diimplementasikan melalui keteladanan guru, pembiasaan, serta media cerita Islami dan permainan. Anak-anak dibimbing untuk saling menghargai, berbagi, meminta maaf, dan menyelesaikan konflik secara damai. Faktor pendukung meliputi komitmen guru, dukungan orang tua, dan lingkungan sosial yang kondusif, sedangkan hambatannya adalah keterbatasan media dan waktu. Strategi guru dalam menanamkan nilai tas?mu? sesuai prinsip pendidikan Islam terbukti efektif membentuk karakter toleran anak sejak usia dini secara kontekstual dan menyenangkan.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB