REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Peran Permainan Edukatif dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di TK Swasta Asmaul Husna Asahan

EDMI ERNAWATI (2025)

penelitian-peran-permainan-edukatif-dalam-pengembangan-kecerdasan-emosional-anak-usia-dini-di-tk-swasta-asmaul-husna-asahan

Peran Permainan Edukatif dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di TK Swasta Asmaul Husna Asahan

Peran Permainan Edukatif dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di TK Swasta Asmaul Husna Asahan, Kecerdasan Emosional, Permainan Edukatif, Anak Usia Dini...

Author: EDMI ERNAWATI
Date: 2025
Keywords: Kecerdasan Emosional, Permainan Edukatif, Anak Usia Dini
Type: Jurnal
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran permainan edukatif dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini di TK Swasta Asmaul Husna Asahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain yang dirancang secara edukatif mampu meningkatkan aspek-aspek kecerdasan emosional, seperti kemampuan mengenali emosi, mengelola perasaan, menunjukkan empati, serta membangun interaksi sosial yang positif. Permainan peran, permainan kelompok, dan eksplorasi kreatif terbukti efektif sebagai media pembelajaran emosional. Peran guru sebagai pendamping dan fasilitator juga sangat menentukan keberhasilan proses tersebut. Permainan edukatif berperan penting dalam pembentukan kecerdasan emosional anak usia dini, dan perlu dijadikan bagian integral dalam kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB