
Strategi Guru dalam Membantu Mengelola Emosi Anak Usia Dini di TK ABA 4 Tanjung Tiram Batubara
Strategi Guru dalam Membantu Mengelola Emosi Anak Usia Dini di TK ABA 4 Tanjung Tiram Batubara, Pendidikan, PAUD, Guru, Penelitian....
Author: MISNAH DAHWAN
Date: 2025
Keywords: Pendidikan, PAUD, Guru, Penelitian.
Type: Jurnal
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan guru dalam membantu anak usia dini mengelola emosi di TK ABA 4 Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara. Pengelolaan emosi merupakan aspek penting dalam perkembangan sosial-emosional anak usia dini, karena memengaruhi kemampuan mereka dalam berinteraksi, beradaptasi, dan belajar di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan lima strategi utama dalam membantu pengelolaan emosi anak, yaitu: (1) komunikasi empatik, (2) pembiasaan rutinitas harian dan aturan kelas, (3) pendekatan melalui kegiatan bermain dan seni, (4) pemberian contoh atau modeling pengelolaan emosi, serta (5) pendekatan individual terhadap anak dengan kebutuhan emosional khusus. Strategi-strategi tersebut terbukti mampu membantu anak merasa lebih aman, percaya diri, dan terarah dalam aktivitas sehari-hari, sehingga lebih mampu mengelola emosi secara sehat. Keterlibatan aktif guru dalam proses pembelajaran sosial-emosional melalui strategi yang tepat dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan regulasi emosi anak usia dini. Penelitian ini juga merekomendasikan pentingnya pelatihan guru PAUD dalam bidang kecerdasan emosional dan manajemen perilaku anak sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB