KLASIFIKASI ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN PENGGUNA E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE NATURAL LANGUANGE PROCESSING (NLP) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
KLASIFIKASI ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN PENGGUNA E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE NATURAL LANGUANGE PROCESSING (NLP) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM), E-Commerce, Natural Language Processing (NLP), Support Vector Machine (SVM)....
Author: JIMMY IQBAL WIRANATA SIREGAR
Date: 2025
Keywords: E-Commerce, Natural Language Processing (NLP), Support Vector Machine (SVM).
Type: Thesis
Category: penelitian
Di era digital yang semakin berkembang, e-commerce telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Masyarakat secara aktif memberikan ulasan produk, baik positif maupun negatif, yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk memahami persepsi pengguna terhadap layanan mereka. Untuk membantu menganalisis ulasan ini, diperlukan metode yang efektif dalam memproses dan mengklasifikasikan sentimen pengguna. Dalam hal ini, pendekatan Natural Language Processing (NLP) dan Support Vector Machine (SVM) menjadi solusi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model klasifikasi yang dapat mengelompokkan ulasan pengguna e-commerce menjadi sentimen positif, negatif, atau netral. Dengan menggunakan teknik NLP untuk memproses teks ulasan dan SVM sebagai algoritma klasifikasi, diharapkan model ini dapat memberikan akurasi yang tinggi dalam menentukan sentimen pengguna. Penghapusan kata-kata umum yang tidak berkontribusi pada analisis sentimen, seperti "dan," "yang," "untuk, dan SVM diterapkan setelah data ulasan ditransformasikan menjadi vektor menggunakan metode TF-IDF. Model SVM akan dilatih menggunakan data latih (training data) yang telah diberi label sentimen.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB