
Pengaruh Media Sosial Dan Literasi Keuangan Terhadap Sikap Konsumtif Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi
Pengaruh Media Sosial Dan Literasi Keuangan Terhadap Sikap Konsumtif Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi, Social Media, Financial Literacy, Consumptive Attitude...
Author: SOPHIA VALENTINA BR TAMPUBOLON
Date: 2025
Keywords: Social Media, Financial Literacy, Consumptive Attitude
Type: Jurnal
Category: penelitian
Di era digital yang berkembang pesat, media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Media Sosial dan Literasi Keuangan terhadap Sikap Konsumtif pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Tipe penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 77 Mahasiswa Jurusan Manajemen di Universitas Pembangunan Panca Budi, yang ditentukan dengan menggunakan perhitungan slovin. Untuk analisis data, digunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 23. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Media Sosial dan Literasi Keuangan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Sikap Konsumtif. Secara simultan, Literasi Keuangan dan Gaya Hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Konsumtif Mahasiswa Manajemen di Universitas Pembangunan Panca Budi. Model penelitian ini mampu menjelaskan 25%?ri variasi Sikap Konsumtif.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB