Implementasi Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Ilmu Hadits di MAN 2 Model Medan
Implementasi Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Ilmu Hadits di MAN 2 Model Medan, Islamic Educations, Project Based Learning; ADDIE development model; Hadith....
Author: AHMAD FADIL DZAKY
Date: 2025
Keywords: Islamic Educations, Project Based Learning; ADDIE development model; Hadith.
Type: Jurnal
Category: penelitian
Tujuan penelitian ini menentukan kontribusi pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) berbasis PBL dengan model pengembangan ADDIE. Metode penelitan adalah metode kulitatif deskriptik dilaksanakan di MAN 2 Model Medan . Langkah-langkah dalam proses pembelajaran menggunakan pembelajan PAI berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan model pengembangan ADDIE. Pengambilan data melalui angket siswa tetang sintak pembelajaran PBL dan ADDIE (analisis, desai, develop, implement dan evaluasi). Hasil angket siswa menunjukkan ada hubungan PBL dengan ADDIE sebelum proses pembelajaran berjumlah 16 siswa dan setelah proses pembelajaran berjumlah 19 siswa. Rerata angket siswa sebelum PBL adalah 64.3 dan ADDIE adalah 67.8. Rerata angket siswa sesudah PBL adalah 66.0 dan ADDIE adalah 72.7. N-Gain 0.6 tergolong sedang, efektivitas pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dan program pembelajaran telah memberikan kontribusi terhadap pemahaman peserta didik.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB