
ANALISIS KOMPARASI METODE SEQUENCING DAN MARKOV MODEL UNTUK MEMPREDIKSI MAHASISWA BERPRESTASI AKADEMIK BERDASARKAN NILAI SEMESTER STUDI KASUS UNIVERSITAS BUDIDARMA MEDAN
ANALISIS KOMPARASI METODE SEQUENCING DAN MARKOV MODEL UNTUK MEMPREDIKSI MAHASISWA BERPRESTASI AKADEMIK BERDASARKAN NILAI SEMESTER STUDI KASUS UNIVERSITAS BUDIDARMA MEDAN, Prediksi Mahasiswa Berprestasi, Sequencing, Markov Model, Evaluasi Model, Universitas Budi Darma...
Author: Sugi Hartono Sinambela
Date: 2025
Keywords: Prediksi Mahasiswa Berprestasi, Sequencing, Markov Model, Evaluasi Model, Universitas Budi Darma
Type: Thesis
Category: penelitian
Prediksi mahasiswa berprestasi merupakan langkah strategis dalam mendukung pengembangan kualitas akademik di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua pendekatan data mining, yaitu metode Sequencing dan Markov Model, dalam memprediksi mahasiswa berprestasi di Universitas Budi Darma Medan. Metode Sequencing digunakan untuk mengidentifikasi pola urutan nilai akademik dan aktivitas non-akademik mahasiswa dari semester ke semester, sedangkan Markov Model digunakan untuk menghitung probabilitas transisi status akademik mahasiswa berdasarkan data historis.Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif terhadap 100 mahasiswa aktif yang memiliki data akademik dan non-akademik lengkap. Data yang dianalisis mencakup nilai IPK per semester, keikutsertaan dalam organisasi, seminar, serta prestasi lomba. Kedua metode dianalisis menggunakan metrik evaluasi seperti akurasi, presisi, recall, dan F1-score.Hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode Sequencing memiliki akurasi sebesar 87%, presisi 85%, recall 88%, dan F1-score 86%, sedangkan Markov Model mencatat akurasi sebesar 81%, presisi 79%, recall 83%, dan F1-score 81%. Dari hasil ini, metode Sequencing dinilai lebih unggul dalam mendeteksi pola dan memberikan prediksi yang lebih akurat terhadap potensi prestasi mahasiswa. Perbandingan kedua metode ini memberikan landasan bagi institusi dalam mengembangkan sistem prediksi prestasi mahasiswa yang lebih akurat, objektif, dan komprehensif. Dengan demikian, universitas dapat melakukan intervensi dan pembinaan secara lebih dini dan tepat sasaran.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB