Penerapan Metode Peer Teaching Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII IPS³ SMA Negeri 1 Besitang
Penerapan Metode Peer Teaching Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII IPS³ SMA Negeri 1 Besitang, Peer Teaching; Metode; Motivasi Belajar Siswa....
Author: LISA MAHDALENA BR SITEPU
Date: 2025
Keywords: Peer Teaching; Metode; Motivasi Belajar Siswa.
Type: Jurnal
Category: penelitian
Studi ini mengkaji penerapan strategi peer teaching sebagai alternatif dalam mendorong semangat belajar peserta didik, yang dianggap layak diterapkan di lingkungan kelas. Penelitian ini mempunyai tujuan menggali keeefektivan metode peer teaching pada pemberian peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta Budi Pekerti di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Besitang. Penelitian ini memakai pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus. Adapun eknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara, pengamatan langsung, dan pengumpulan dokumen. Analisis data dilakukan berdasarkan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi tahap penyaringan data, penyajian informasi, dan perumusan simpulan. Temuan penelitian memperlihatkan bahwasannya penerapan metode peer teaching berperan untuk memberikan peningkatan dorongan belajar siswa. Penerapan strategi ini turut membangun keterlibatan aktif siswa, sehingga proses belajar berlangsung lebih dinamis, dialogis, dan mendorong sikap berpikir kritis.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB