REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Kerja dan Ukuran Usaha Terhadap Penerapan Siklus Akuntansi Dengan Dukungan Eksternal Sebagai Variabel Moderasi Pada UMKM Di Desa Kandis Kabupaten Siak

WINDA UTAMI BR SIBURIAN (2025)

penelitian-pengaruh-latar-belakang-pendidikan-pengetahuan-akuntansi-pengalaman-kerja-dan-ukuran-usaha-terhadap-penerapan-siklus-akuntansi-dengan-dukungan-eksternal-sebagai-variabel-moderasi-pada-umkm-di-desa-kandis-kabupaten-siak

Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Kerja dan Ukuran Usaha Terhadap Penerapan Siklus Akuntansi Dengan Dukungan Eksternal Sebagai Variabel Moderasi Pada UMKM Di Desa Kandis Kabupaten Siak

Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Kerja dan Ukuran Usaha Terhadap Penerapan Siklus Akuntansi Dengan Dukungan Eksternal Sebagai Variabel Moderasi Pada UMKM Di Desa Kandis Kabupaten Siak, Educational Background, Accounting Cycle, Msmes, Theory Of Planned Behavior, External Support....

Author: WINDA UTAMI BR SIBURIAN
Date: 2025
Keywords: Educational Background, Accounting Cycle, Msmes, Theory Of Planned Behavior, External Support.
Type: Jurnal
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan terhadap pelaksanaan siklus akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kandis, Kabupaten Siak, serta untuk menguji peran dukungan eksternal sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelaku UMKM. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap siklus akuntansi UMKM, yang ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 3,320 > ttabel 2,060 dan signifikansi 0,003 < 0> 0,05. Temuan ini sejalan dengan Theory of Planned Behavior yang menyatakan bahwa persepsi atas kontrol perilaku (perceived behavioral control) dalam hal ini dipengaruhi oleh tingkat pendidikan memiliki peranan penting dalam menentukan niat dan perilaku individu. Dengan demikian, pendidikan menjadi faktor utama dalam meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam menerapkan siklus akuntansi secara efektif, terlepas dari adanya dukungan eksternal

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB