REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Peran guru PAI dalam membentuk karakter mandiri siswa di SDIT Ad-Durrah Medan Marelan

ICHA SALSABILA (2025)

penelitian-peran-guru-pai-dalam-membentuk-karakter-mandiri-siswa-di-sdit-addurrah-medan-marelan

Peran guru PAI dalam membentuk karakter mandiri siswa di SDIT Ad-Durrah Medan Marelan

Peran guru PAI dalam membentuk karakter mandiri siswa di SDIT Ad-Durrah Medan Marelan, Peran, Guru PAI, Membentuk, Karakter mandiri...

Author: ICHA SALSABILA
Date: 2025
Keywords: Peran, Guru PAI, Membentuk, Karakter mandiri
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter mandiri siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ad-Durrah Medan Marelan. Fokus utama penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peran guru PAI dalam membentuk karakter mandiri siswa, (2) menganalisis metode yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai kemandirian, dan (3) mengidentifikasi tantangan yang dihadapi guru PAI dalam proses tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru PAI dalam membentuk karakter siswa yaitu melalui: keteladanan sikap, pemberian motivasi, penguatan nilai-nilai keislaman, tanggung jawab, kedisiplinan, dan kejujuran. (2) Metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai kemandirian siswa yaitu: menggunakan metode pembelajaran yang kontekstual dan interaktif, metode pembiasaan, metode bercerita, diskusi kelompok, serta proyek keagamaan. (3) Tantangan yang dihadapi dalam pengembangan karakter mandiri siswa dalam proses pembelajaran PAI meliputi: latar belakang keluarga yang kurang mendukung, perbedaan tingkat kemandirian antar siswa, pengaruh lingkungan luar sekolah serta keterbatasan waktu pembelajaran di sekolah. Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan strategi yang terintegrasi antara sekolah, keluarga, dan lingkungan. Solusi yang dapat dilakukan antara lain: menjalin komunikasi intensif antara guru dan orang tua, menerapkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, serta mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan harian di sekolah.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB