
Kerukunan Umat Beragama Di Kalangan Peserta Didik Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Medan
Kerukunan Umat Beragama Di Kalangan Peserta Didik Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Medan, Kurikulum; Toleransi; Nilai Beragama....
Author: AFIFAH ADILAH
Date: 2025
Keywords: Kurikulum; Toleransi; Nilai Beragama.
Type: Jurnal
Category: penelitian
Para peneliti di SMK Negeri 9 Medan berupaya mendokumentasikan berbagai manifestasi toleransi beragama di lingkungan sekolah. Meskipun mayoritas siswa di sekolah negeri ini beragama Islam, siswa Kristen, Katolik, dan Buddha juga belajar di sana. Strategi penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah teknik kualitatif deskriptif. Wawancara, dokumentasi, dan observasi menjadi metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan tiga langkah dalam model analisis data Miles dan Huberman. Studi berjudul “kerukunan umat bergama di kalangan Siswa SMK Negeri 9 Medan” menemukan bahwa siswa dari berbagai agama dapat hidup berdampingan dengan damai dan saling menghormati. Meskipun mayoritas beragama Islam, tidak terjadi diskriminasi terhadap siswa minoritas. Mereka dapat berinteraksi dan bekerja sama dalam berbagai kegiatan sekolah tanpa memaksakan kehendak atau keyakinan masing-masing. Hal ini menunjukkan bahwa nilai-nilai kearifan lokal dan toleransi masih terpelihara dengan baik di lingkungan sekolah tersebut
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB