
strategi pemasaran analisis swot untuk meningkatkan pnbp melalui iklan pada tvri sumatera utara
strategi pemasaran analisis swot untuk meningkatkan pnbp melalui iklan pada tvri sumatera utara, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, PNBP Iklan, TVRI Sumatera Utara...
Author: DENA PELITAWATI MAHA
Date: 2025
Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, PNBP Iklan, TVRI Sumatera Utara
Type: Jurnal
Category: penelitian
Studi ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran guna meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui iklan di TVRI Sumatera Utara. Penelitian ini mengadopsi metode deskriptif kualitatif dengan melibatkan lima orang responden sebagai subjek studi. Data yang terkumpul dianalisis melalui pendekatan SWOT untuk mengidentifikasi faktor-faktor strategis yang mengkaji elemen lingkungan baik dari dalam maupun luar organisasi yang diidentifikasi dalam ranah kapabilitas, kekurangan, kesempatan, dan tantangan yang dihadapi oleh TVRI Sumatera Utara. Data penelitian memperlihatkan bahwa dalam konteks internal, kekuatan yang dimiliki TVRI Sumatera Utara sedikit lebih besar dibanding kelemahannya, dengan skor IFAS sebesar 6.076923077 dan selisih positif sebesar 0.076923077. Sementara itu, dari sisi eksternal, ancaman lebih dominan dibandingkan peluang, dengan skor EFAS sebesar 5.946153846 dan selisih negatif sebesar –0.25. Berdasarkan hasil analisis SWOT, posisi TVRI Sumatera Utara berada pada Kuadran II, yang mengindikasikan bahwa meskipun menghadapi berbagai macam hambatan, lembaga ini masih memiliki kekuatan internal. Sebaiknya kekuatan internal digunakan secara maksimal guna mengeksplorasi peluang jangka panjang dengan strategi diversifikasi produk.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB