
Strategi Creative Learning Dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Swasta Taman Pendidikan Daya Cipta Medan
Strategi Creative Learning Dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Swasta Taman Pendidikan Daya Cipta Medan, Creative Learning, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam...
Author: SITI MUNAWAROH
Date: 2025
Keywords: Creative Learning, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Type: Skripsi
Category: penelitian
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi creative learning, motivasi belajar siswa dengan strategi creative learning, dan kendala guru dalam menerapkan strategi creative learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan strategi creative learning pada pelajaran PAI di SD Swasta Taman Pendidikan Daya Cipta Medan. Guru berupaya menerapkan strategi creative learning dengan berupaya mengumpulkan informasi dari sejumlah literatur tentang strategi pembelajaran creative learning. Informasi yang diperoleh kemudian diterapkan pada siswa guna menumbuhkan motivasi belajar pada pelajaran PAI di SD Swasta Taman Pendidikan Daya Cipta Medan. Motivasi belajar siswa dengan strategi creative learning sulit bagi siswa pada awalnya, karena siswa merasa bingung dengan strategi ini, akan tetapi, setelah siswa memahami strategi ini motivasi siswa tumbuh walaupun awalnya motivasi yang muncul karena motif darurat atau keterpaksaan. Setelah motif paksaan tersebut akhirnya siswa memahami strategi creative learning, motivasi interen atau intrinsik pada diri siswa juga muncul. Siswa tidak lagi merasa bingung dan nyaman, ditambah gaya mengajar guru yang juga menyenangkan bagi siswa. Kendala guru dalam memotivasi siswa belajar dengan strategi creative learning pada awalnya adalah pemahaman siswa tentang strategi belajar ini. Setelah siswa memahami strategi creative learning, sedikit mudah bagi guru untuk memotivasi siswa, tinggal sedikit lagi yaitu siswa yang masih memiliki motif belajar darurat atau terpaksa. Akan tetapi, kata-kata bijak dan menyentuh siswa sehingga membuat siswa lambat laung termotivasi dalam belajar
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB