
Implementasi Pendekatan Kontekstual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK NEGERI 8 Medan.
Implementasi Pendekatan Kontekstual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK NEGERI 8 Medan., Implementasi, Kontekstual Teaching and Learning...
Author: SALMA JIHAN NASIROH
Date: 2025
Keywords: Implementasi, Kontekstual Teaching and Learning
Type: Jurnal
Category: penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Implementasi, pendekatan CTL dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Kontekstual Negeri 8 Medan, serta unsur-unsur yang mendukung dan menghambat Teaching and penggunaan metode CTL. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Learning teknik deskriptif. Metode ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang situasi terkini objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data yang digunakan ada dua, yaitu data sekunder yang bersumber dari buku, jurnal, dan referensi lainnya, serta data primer yang bersumber dari Kepala Kurikulum, instruktur PAI, dan siswa. Melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, gagasan Miles dan Huberman digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuh unsur pokok pendekatan CTL, yaitu konstruktivisme, bertanya, inkuiri, pembelajaran bermasyarakat, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik, telah digunakan dengan cukup baik. Penggunaan CTL di kelas XI Busana 4 dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, memotivasi mereka untuk berpartisipasi lebih aktif, dan menjadikan kurikulum lebih aplikatif dalam situasi sehari-hari. Dukungan guru dan sekolah dapat membantu memastikan bahwa strategi ini berhasil diterapkan. Hasilnya, CTL telah menunjukkan kemanjuran dalam meningkatkan standar pembelajaran PAI yang kontekstual dan bermakna.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB