REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

ANALISIS METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) DAN ALGORITMA RANDOM FOREST TERHADAP PERILAKU DAN PRESTASI SISWA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 1 STABAT

Ibrahim (2025)

penelitian-analisis-metode-support-vector-machine-svm-dan-algoritma--random-forest-terhadap--perilaku-dan-prestasi-siswa-berbasis-kurikulum-merdeka-di-smk-negeri-1-stabat

ANALISIS METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) DAN ALGORITMA RANDOM FOREST TERHADAP PERILAKU DAN PRESTASI SISWA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 1 STABAT

ANALISIS METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) DAN ALGORITMA RANDOM FOREST TERHADAP PERILAKU DAN PRESTASI SISWA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 1 STABAT, Prestasi, machine learning, random forest, svm, regresi...

Author: Ibrahim
Date: 2025
Keywords: Prestasi, machine learning, random forest, svm, regresi
Type: Jurnal
Category: penelitian

Penelitian ini menganalisis pengaruh perilaku siswa terhadap prestasi belajar di SMKN 1 Stabat, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana pada 245 siswa kelas X. Hasilnya menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,272, yang berarti perilaku siswa berkontribusi 27,2% terhadap prestasi belajar. Kedisiplinan dan tanggung jawab menjadi aspek perilaku yang paling berpengaruh, di mana siswa dengan kedisiplinan tinggi cenderung lebih konsisten dalam pembelajaran dan penyelesaian tugas. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pembentukan karakter dan perilaku positif di lingkungan sekolah melalui kerja sama antara guru, orang tua, dan pihak sekolah. Meskipun bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan, perilaku yang baik seperti disiplin, tanggung jawab, dan keaktifan dalam belajar terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, upaya peningkatan mutu pendidikan perlu memperhatikan tidak hanya aspek kognitif, tetapi juga pembinaan perilaku konstruktif melalui program bimbingan dan penguatan motivasi intrinsik

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB