REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Pembelajaran Project Based Learning di RA Bunayya IV

LITA ANGGRAINI (2025)

penelitian-meningkatkan-kemampuan-sosial-emosional-melalui-pembelajaran-project-based-learning-di-ra-bunayya-iv

Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Pembelajaran Project Based Learning di RA Bunayya IV

Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Pembelajaran Project Based Learning di RA Bunayya IV, RA Bunayya IV, Pendiikan Anak Usia Dini, Sosial Emosional...

Author: LITA ANGGRAINI
Date: 2025
Keywords: RA Bunayya IV, Pendiikan Anak Usia Dini, Sosial Emosional
Type: Jurnal
Category: penelitian

Penerapan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di RA Bunayya IV diharapkan dapat meningkatkan kemampuan sosial pada peserta didik. Kemampuan sosial emosional meliputi aspek kerja sama, interaksi dan mengikuti aturan dan instruksi, yang merupakan fondasi penting bagi perkembangan anak usia dini. Penelitian melibatkan metode kuantitatif berdasarkan eksperimen, yang melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang diterapkan dengan PjBL dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Subjek penelitian terdiri dari 30 anak usia dini yang dibagi menjadi dua kelompok. Tahapan observasi dilanjutkan kuesioner, dan diakhiri wawancara dilakukan dalam pengumpulan data yang dibutuhkan. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik untuk mengukur perbedaan sebelum dan sesudah penerapan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan dapat memberikan rekomendasi untuk implementasi metode ini dalam kurikulum pendidikan anak usia dini.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB