
Upaya Pengembangan Model Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Disiplin Positif Anak Usia Dini di Kota Aek Kanopan
Upaya Pengembangan Model Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Disiplin Positif Anak Usia Dini di Kota Aek Kanopan, Media Audio-Visual, Disiplin Positif, Anak Usia Dini....
Author: NINA AGUSTINA
Date: 2025
Keywords: Media Audio-Visual, Disiplin Positif, Anak Usia Dini.
Type: Jurnal
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) merancang pengembangan media audio-visual yang dapat meningkatkan disiplin positif anak usia dini; 2) Mendeskripsikan efektivitas penggunaan media audio-visual untuk meningkatkan disiplin positif. Subyek pada penelitian ini adalah guru dan anak usia 5-6 tahun di Kota Aek Kanopan. Sedangkan objek penelitian berupa media sebagai media pembelajaran pada aspek disiplin positif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan research and development. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan dan mengembangkan produk. Berdasarkan hasil analisis yang digunakan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan: 1) Media audio-visual sebagai media pembelajaran yang dapat menjelaskan hal mengenai disiplin positif sehingga dapat menarik perhatian anak yang berdampak pada meningkatkanya disiplin positif anak usia 5-6 tahun, 2) Media audio-visual yang dikembangkan menjadi media alternatif yang efektif untuk meningkatkan disiplin positif anak usia 5-6 tahun di kota Aek Kanopan. Peningkatan disiplin positif signifikan berdasarkan hasil uji-t taraf signifikansi 0,00 yang lebih kecil dari 5%. Oleh sebab itu, penggunaan media audio-visual dapat meningkatkan disiplin positif anak usia 5-6 tahun setelah menggunakan media audio-visual lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan media audio-visual.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB