REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual pada Anak Usia Dini di RA Panca Bakti Kabupaten Labuhan Batu Utara

SUCI HARIATI (2025)

penelitian-penerapan-model-pembelajaran-kontekstual-pada-anak-usia-dini-di-ra-panca-bakti-kabupaten-labuhan-batu-utara

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual pada Anak Usia Dini di RA Panca Bakti Kabupaten Labuhan Batu Utara

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual pada Anak Usia Dini di RA Panca Bakti Kabupaten Labuhan Batu Utara, Pembelajaran kontekstual, Pembelajaran, Anak Usia Dini...

Author: SUCI HARIATI
Date: 2025
Keywords: Pembelajaran kontekstual, Pembelajaran, Anak Usia Dini
Type: Jurnal
Category: penelitian

Pembelajaran Kontekstual merupakan suatu metode pembelajaran yang berpusat pada anak. Pembelajaran kontekstual mengutamakan pada pengetahuan dan pengalaman atau dunia nyata, berpikir tingkat tinggi, berpusat pada anak, anak bersifat aktif, kritis, kreatif, memecahkan masalah, anak belajar menyenangkan, mengasyikkan, tidak membosankan dan menggunakan berbagai sumber belajar. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual memiliki delapan ciri utama, yaitu membuat keterkaitanketerkaitan yang memiliki makna, melakukan pekerjaan yang berarti, melakukan pembelajaran yang diatur sendiri, bekerjasama, berpikir kritis dan kreatif, membantu individu untuk tumbuh dan berkembang, mencapai standar yang tinggi dan menggunakan penilaian autentik. Di masa yang akan datang, diharapkan sistem pembelajaran terutama dalam Pendidikan anak usia dini agar lebih difokuskan pada pengalaman nyata anak sehingga dapat membantu untuk menemukan makna dari sebuah pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus memiliki kompetensi khusus dalam membuat kegiatan yang kreatif dan inovatif agar suasana belajar menjadi menyenangkan, efektif dan efisien sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Files:
Tidak ada data !

Collections:
Digital Library UNPAB