Peran Aktif Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akhlak Kelas III MIS Al - Jam'iyatul Washliyah Medan
Peran Aktif Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akhlak Kelas III MIS Al - Jam'iyatul Washliyah Medan, Peran Aktif Orang Tua, Minat Belajar Siswa...
Author: NOVI INDRYANI
Date: 2025
Keywords: Peran Aktif Orang Tua, Minat Belajar Siswa
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa siswa cenderung kurang berminat belajar Akidah Akhlak, kurangnya peran dari orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, anak malas untuk mengikuti aktifitas pembelajaran, hasil belajar siswa yang rendah, motivasi belajar siswa yang berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Peran aktif orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akidah Akhlak kelas III MIS Al-Jam’ iyatul Washliyah Medan Sunggal. 2) Faktor penghambat orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akidah Akhlak kelas III MIS Al-Jam’ iyatul Washliyah Medan Sunggal . Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, yaitu jenis penelitian yang mempelajari fenomena dalam lingkungannya yang alamiah. dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil tempat di kelas III MIS Al-Jam’ iyatul Washliyah Medan Sunggal . Dalam penelitian ini menggunakan dua sumber yaitu sumber primer dan sekunder. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data digunakan dalam rangka untuk teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa peran aktif orang tua dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas III MIS Al-Jam’iyatul Washliyah Medan Sunggal antara lain orang tua sebagai motivator, orang tua sebagai pendidik, orang tua sebagai penegak disiplin dan orang tua sebagai pengontrol. Faktor penghambat dalam meningkatkan belajar siswa diantaranya kondisi lingkungan tempat tinggal, kondisi anak, lingkungan keluarga, kecerdasan anak dan keadaan ekonomi keluarga. Upaya-upaya dalam meningkatkan minat belajar siswa diantaranya pemberian stimulus berupa reward atau punishment dan perlunya perhatian orang tua dalam mengetahui seberapa besar kemampuan anak.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB