REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

PERANCANGAN GAME RPG OPEN WORLD DENGAN MENERAPKAN AI BEHAVIOR DAN AI PERCEPTION PADA NPC

HENDY WIRA WARDANA LUBIS (2025)

penelitian-perancangan-game-rpg-open-world-dengan-menerapkan-ai-behavior-dan-ai-perception-pada-npc

PERANCANGAN GAME RPG OPEN WORLD DENGAN MENERAPKAN AI BEHAVIOR DAN AI PERCEPTION PADA NPC

PERANCANGAN GAME RPG OPEN WORLD DENGAN MENERAPKAN AI BEHAVIOR DAN AI PERCEPTION PADA NPC, Kecerdasan Buatan, Behavior Tree...

Author: HENDY WIRA WARDANA LUBIS
Date: 2025
Keywords: Kecerdasan Buatan, Behavior Tree
Type: Skripsi
Category: penelitian

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membawa banyak perubahan pada pengembangan game. Teknologi di sebuah game merupakan media yang paling banyak di kembangkan pada perusahaan besar di berbagai negara khususnya di negara maju, pada masa sekarang semua perusahaan berlomba – lomba untuk meningkatkan kualitas engine game maupun teknologi AI (Artificial Intelligence). Game adalah jenis aktivitas yang dinikmati orang untuk bersenang-senang. Mereka juga dapat digunakan sebagai alat pendidikan, karena menyediakan cara untuk belajar melalui permainan. Metode Game Development Life Cycle (GDLC) terdiri dari beberapa tahapan dengan fase utama yaitu Inisialisasi, Pra-Produksi, Produksi, Testing (Pengujian), Rilis versi Beta, dan Rilis versi penuh. Behavior Tree pada NPC dapat dikontrol dengan menggunakan pohon. Setiap daun di pohon dapat memiliki tugas dan pilihan. Dengan cara ini, NPC dapat diarahkan untuk melakukan sesuatu yang spesifik. AI pada permainan dapat berjalan dengan baik. AI Behavior mengeksekusi program yang dibuat dan Perception mengambil data didalam permainan sesuai dengan yang diharapkan pada penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dalam Perancangan Game RPG Open World Dengan Menerapkan AI Behavior Dan AI Perception mengunakan metode GDLC pada game engine Unreal Engine 5.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB