
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ECOLITERACY DI SMP NEGERI 3 BINJAI
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ECOLITERACY DI SMP NEGERI 3 BINJAI, Meningkatnya krisis lingkungan yang membutuhkan solusi komprehensif, termasuk pendekatan berbasis agama. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam tentang pelestarian alam ke dalam pembelajaran PAI melalui Kurikulum Merdeka, diharapkan dapat membangun kesadaran ekologis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI berbasis ecoliteracy berhasil meningkatkan kesadaran ekologis siswa dalam tiga aspek: (1) peningkatan pengetahuan tentang hubungan nilai Islam dengan lingkungan, (2) perubahan sikap yang memandang pelestarian lingkungan sebagai bentuk ibadah, dan (3) terbentuknya perilaku peduli lingkungan yang konkret melalui program seperti "Jum'at Bersih" dan "Tanam dan Rawat" melalui projek kurikulum merdeka (p5). Kesimpulannya, integrasi ecoliteracy dalam pembelajaran PAI efektif membangun kesadaran ekologis siswa yang dilandasi nilai-nilai keislaman, sesuai dengan tujuan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran kontekstual dan pembentukan karakter....
Author: RADHIKA NABILA MA’RUFI RIDWAN
Date: 2025
Keywords: Meningkatnya krisis lingkungan yang membutuhkan solusi komprehensif, termasuk pendekatan berbasis agama. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam tentang pelestarian alam ke dalam pembelajaran PAI melalui Kurikulum Merdeka, diharapkan dapat membangun kesadaran ekologis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI berbasis ecoliteracy berhasil meningkatkan kesadaran ekologis siswa dalam tiga aspek: (1) peningkatan pengetahuan tentang hubungan nilai Islam dengan lingkungan, (2) perubahan sikap yang memandang pelestarian lingkungan sebagai bentuk ibadah, dan (3) terbentuknya perilaku peduli lingkungan yang konkret melalui program seperti "Jum'at Bersih" dan "Tanam dan Rawat" melalui projek kurikulum merdeka (p5). Kesimpulannya, integrasi ecoliteracy dalam pembelajaran PAI efektif membangun kesadaran ekologis siswa yang dilandasi nilai-nilai keislaman, sesuai dengan tujuan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran kontekstual dan pembentukan karakter.
Type: Jurnal
Category: penelitian
Meningkatnya krisis lingkungan yang membutuhkan solusi komprehensif, termasuk pendekatan berbasis agama. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam tentang pelestarian alam ke dalam pembelajaran PAI melalui Kurikulum Merdeka, diharapkan dapat membangun kesadaran ekologis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI berbasis ecoliteracy berhasil meningkatkan kesadaran ekologis siswa dalam tiga aspek: (1) peningkatan pengetahuan tentang hubungan nilai Islam dengan lingkungan, (2) perubahan sikap yang memandang pelestarian lingkungan sebagai bentuk ibadah, dan (3) terbentuknya perilaku peduli lingkungan yang konkret melalui program seperti "Jum'at Bersih" dan "Tanam dan Rawat" melalui projek kurikulum merdeka (p5). Kesimpulannya, integrasi ecoliteracy dalam pembelajaran PAI efektif membangun kesadaran ekologis siswa yang dilandasi nilai-nilai keislaman, sesuai dengan tujuan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran kontekstual dan pembentukan karakter.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB