
Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Platform E-Commerce (Studi Kasus Toko Sadojo Snack di Shopee)
Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Platform E-Commerce (Studi Kasus Toko Sadojo Snack di Shopee), E-Commerce, Efektivitas, Loyalitas Pelanggan, Strategi Pemasaran Digital....
Author: RISKY RAHMAWANSYAH
Date: 2025
Keywords: E-Commerce, Efektivitas, Loyalitas Pelanggan, Strategi Pemasaran Digital.
Type: Jurnal
Category: penelitian
Strategi pemasaran digital tentu saja mengarah kepada keefektivitas suatu strategi sehingga membuat kemungkinan yang besar untuk menghadirkan loyalitas pelanggan. Sama halnya dengan Sajodo Snack, di mana toko yang beroperasi di Shopee ini melakukan kegiatan jual beli secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi pemasaran digital pada variable X1 (konten pemasaran) berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan variable Y (loyalitas pelanggan) pada platform e-commerce, untuk mengetahui efektifitas strategi pemasaran digital pada variable X2 (media sosial) berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan variable Y (loyalitas pelanggan) pada platform e-commerce dan untuk mengetahui penyebab strategi pemasaran digital tersebut sehingga dapat mempengaruhi peningkatan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penetapan sampel sebanyak 91 orang. Hasil penelitian membuktikan bahwa efektifitas strategi pemasaran digital pada variable X1 (konten pemasaran) berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan variable Y (loyalitas pelanggan) pada platform e-commerce disebabkan konten pemasaran adalah strategi yang tidak bisa berdiri sendiri dan perlu penompang dengan strategi lain. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis sebesar 0,053 sama dengan 0,05 Artinya variable X1 berpengaruh secara signifikan terhadap variable Y. Efektifitas strategi pemasaran digital pada variable X2 (media sosial) berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan variable Y (loyalitas pelanggan) pada platform ecommerce karena variable X2 bernilai lebih kecil dari 0,005 yaitu 0,000 yang berarti berpengaruh secara signifikan terhadap variable Y. Penyebab strategi pemasaran digital tersebut sehingga dapat mempengaruhi peningkatan loyalitas pelanggan jika dilakukan secara simultan atau bersama-sama. Artinya, konten pemasaran tidak bisa dipisahkan dengan media sosial, di mana konten pemasaran tersebut akan dapat berjalan efektif jika dilaksanakan menggunakan media sosial.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB