
Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an di SMA IT Jabal Noor Medan Sunggal
Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an di SMA IT Jabal Noor Medan Sunggal, Strategi, Pendidikan Karakter, Berbasis al-Qur’an...
Author: AHMAD RAMDHANI
Date: 2025
Keywords: Strategi, Pendidikan Karakter, Berbasis al-Qur’an
Type: Jurnal
Category: penelitian
Penelitian ini penguatan Pendidikan karakter menjadi sangat penting mengingat kondisi krisis moral, dimana generasi muda perlu bekal untuk membentengi diri dari pengaruh lingkungan yang buruk. Maka sekolah sebagai tempat menimba ilmu memeliki tanggung jawab yang besar dalam memecahkan masalah tersebut sehingga nantinya terbentuk karakter peserta didik yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui stretegi penguatan Pendidikan karakter, penghambat, dan pendukung dalam strategi penguatan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di SMA IT Jabal Noor Medan Sunggal. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI, guru, dan kepala sekolah. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai instrumen data. Data analisis menggunakan tiga acara, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter berbasis AlQur’an di SMA IT Jabal Noor Medan Sunggal dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai siddiq, amanah, tabliq, dan fathonah pada kegiatan pembiasaan, peneladanan, penugasan, serta menyediakan sarana parasarana untuk menciptakan kondisi yang mendukung terlaksananya penerapan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di sekolah tersebut. Hambatan dan tantangan dalam pelaksanaan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di SMA IT Jabal Noor Medan Sunggal adalah kurangnya kesadaran siswa yang mana diusia tersebut masih cenderung labil dan belum teguh pendiriannya dan tidak semua guru mampu menjadi teladan yang dapat menginspirasi siswa karna kemampuan setiap guru berbeda-beda.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB