
Analisis Customer Relationship Management, Social Media Marketing terhadap Kinerja Pemasaran Produk Gramedia Medan yang dimediasi Digital Marketing
Analisis Customer Relationship Management, Social Media Marketing terhadap Kinerja Pemasaran Produk Gramedia Medan yang dimediasi Digital Marketing, Customer Relationship Management, Sosial Media, Digital Marketing, Kinerja Pemasaran...
Author: MUHAMMAD RIZKY PERDANA PUTRA
Date: 2025
Keywords: Customer Relationship Management, Sosial Media, Digital Marketing, Kinerja Pemasaran
Type: Thesis
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh customer relationship management, sosial media terhadap kinerja pemasaran yang dimediasi digital marketing di Gramedia Medan. customer relationship management yang baik dan penggunaan media sosial yang efektif memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Selain itu, digital marketing yang terintegrasi menjadi faktor kunci dalam memediasi pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap kinerja pemasaran. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif, dengan pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin untuk menentukan jumlah responden yang representatif dari populasi. Populasi penelitian ini adalah pengunjung Gramedia di Kota Medan, dari laporan pengunjung rata-rata per hari dalam seminggu mencapai 442 orang. Dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 5%, diperoleh sampel sebanyak 210 responden yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Relationship Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran di Gramedia Medan, Sosial Media berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran; Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran; Customer Relationship Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap Digital Marketing, Sosial Media berpengaruh positif dan signifikan terhadap Digital Marketing. Hasil penelitian ini juga memberikan rekomendasi bagi manajemen Gramedia untuk meningkatkan customer relationship management dan penggunaaan sosial media guna meningkatkan kinerja pemasaran melalui digital marketing dalam memperkuat layanan Gramedia di Medan.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB