REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfiz Al-Qur'an dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di MAS Miftahussalam Medan

NUR HARTATI KURNIATI (2025)

penelitian-implementasi-kegiatan-ekstrakurikuler-tahfiz-alqur-39an-dalam-membentuk-karakter-disiplin-siswa-di-mas-miftahussalam-medan

Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfiz Al-Qur'an dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di MAS Miftahussalam Medan

Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfiz Al-Qur'an dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di MAS Miftahussalam Medan, Implementasi; Ekstrakurikuler, Tahfiz Al-Qur’an; Karakter Disiplin...

Author: NUR HARTATI KURNIATI
Date: 2025
Keywords: Implementasi; Ekstrakurikuler, Tahfiz Al-Qur’an; Karakter Disiplin
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler tahfiz Al-Qur'an dalam membentuk karakter disiplin siswa di MAS Miftahussalam Medan, 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi kegiatan ekstrakurikuler tahfiz Al-Qur'an dalam membentuk karakter disiplin siswa di MAS Miftahussalam Medan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penelitian ini mengadopsi model analisis interaktif dari Miles dan Huberman, meliputi tiga tahapan utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menerapkan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler tahfiz Al-Qur'an dalam membentuk karakter disiplin siswa di MAS Miftahussalam Medan dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan melibatkan penyusunan jadwal rutin dan penetapan metode tahfiz seperti talaqqi dan takrir, pelaksanaan mencakup penambahan, pengulangan, dan penyetoran hafalan dalam kegiatan ekstrakurikuler tahfiz Al-Qur’an, serta evaluasi dilakukan melalui kartu prestasi hafalan Al-Qur’an, ujian tasmi’, dan wisuda tahfiz, yang kesemuanya berimplikasi pada pembentukan karakter disiplin siswa, yaitu disiplin waktu, disiplin dalam tugas, dan disiplin dalam mentaati aturan, 2) Faktor pendukung implementasi kegiatan ekstrakurikuler tahfiz Al-Qur'an dalam membentuk karakter disiplin siswa di MAS Miftahussalam Medan yaitu meliputi pengelolaan program yang terstruktur, keterlibatan aktif orang tua, dan fasilitas yang memadai. Adapun faktor penghambatnya yaitu fluktuasi motivasi siswa, ketergantungan pada handphone, dan kegiatan yang berbenturan di madrasah.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB