
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kooperatif Sebagai Upaya dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kooperatif Sebagai Upaya dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan, Model, Pembelajaran, Karakter...
Author: NUR INDAH SARI
Date: 2025
Keywords: Model, Pembelajaran, Karakter
Type: Jurnal
Category: penelitian
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis kooperatif sebagai upaya dalam pembentukan karakter siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan. Berdasarkan observasi sementara, Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan telah menerapkan pembelajaran kooperatif. Dalam pembelajaran tersebut para peserta didik saling bertukar opini satu sama lain di dalam satu kelompok. Hal ini dapat menjadikan semangat para peserta didik dalam pembelajaran secara kooperatif. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran berbasis kooperatif di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan dapat membantu dalam pembentukan karakter siswa. Melalui model pembelajaran kooperatif siswa menjadi lebih aktif, bertanggung jawab, dan siswa terlibat dalam proses pembelajaran, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator. Mereka belajar untuk bekerja sama dalam kelompok, saling bertukar pendapat, serta saling membantu dan menghargai satu sama lain.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB