REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI KARAKTER SANTRI DI MTS PONDOK PESANTREN JABAL RAHMAH STABAT

UL MASYITHAH (2025)

penelitian-kegiatan-ekstrakurikuler-dalam-menumbuhkan-nilainilai-karakter-santri-di-mts-pondok-pesantren-jabal-rahmah-stabat

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI KARAKTER SANTRI DI MTS PONDOK PESANTREN JABAL RAHMAH STABAT

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI KARAKTER SANTRI DI MTS PONDOK PESANTREN JABAL RAHMAH STABAT, Kreativitas Guru, Disiplin, Tanggung Jawab, Karakter Santri, Pembelajaran Inovatif, Project-Based Learning, Kolaborasi Guru dan Keluarga, Metode Pembelajaran Kreatif, Ekstrakurikuler, Evaluasi Rutin, Pendidikan Karakter, MTs Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat....

Author: UL MASYITHAH
Date: 2025
Keywords: Kreativitas Guru, Disiplin, Tanggung Jawab, Karakter Santri, Pembelajaran Inovatif, Project-Based Learning, Kolaborasi Guru dan Keluarga, Metode Pembelajaran Kreatif, Ekstrakurikuler, Evaluasi Rutin, Pendidikan Karakter, MTs Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat.
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kreativitas guru dalam menumbuhkan disiplin dan tanggung jawab santri di MTs Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa guru memainkan peran penting dalam menciptakan suasana pembelajaran yang mendukung pengembangan karakter santri. Kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang beragam dan inovatif, seperti pembiasaan rutin, penerapan aturan yang konsisten, dan metode project-based learning, terbukti efektif dalam menumbuhkan disiplin dan tanggung jawab santri. Selain itu, kolaborasi yang intensif antara guru dan keluarga juga berkontribusi pada pembentukan karakter yang konsisten antara lingkungan pesantren dan rumah. Penerapan metode kreatif dalam pembelajaran, seperti simulasi, diskusi kelompok, dan proyek, membantu santri memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai karakter dalam situasi nyata. Dengan implementasi strategi-strategi ini, hambatan-hambatan dalam menumbuhkan karakter santri dapat dikurangi secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa saran yang diberikan antara lain: pertama, peningkatan keterampilan guru melalui pelatihan dan workshop yang lebih inovatif dalam merancang kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung nilai-nilai karakter; kedua, pengadaan fasilitas penunjang yang memadai agar kegiatan ekstrakurikuler dapat berjalan lebih optimal; ketiga, membangun kolaborasi yang lebih erat antara guru, orang tua, dan alumni untuk mendukung kegiatan ekstrakurikuler; keempat, perlunya evaluasi rutin terhadap pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dan dampaknya terhadap pembentukan karakter siswa; dan kelima, integrasi nilai karakter dalam kurikulum ekstrakurikuler agar lebih terarah dan sesuai dengan tujuan pendidikan karakter yang diinginkan.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB