Rancang Bangun Game Oddish Adventure Mengenalkan Budaya Indonesia Menggunakan Aplikasi Construct 3
Rancang Bangun Game Oddish Adventure Mengenalkan Budaya Indonesia Menggunakan Aplikasi Construct 3, Rancang Bangun Game Oddish...
Author: SIGIT PRAMUJA
Date: 2025
Keywords: Rancang Bangun Game Oddish
Type: Skripsi
Category: penelitian
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, permainan (game) kini tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai alat pembelajaran yang efektif dan menarik. Game sebagai media pembelajaran menawarkan pendekatan interaktif yang dapat meningkatkan pengetahuan pemain, termasuk dalam memahami kebudayaan suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah game yang dapat memperkenalkan kebudayaan Indonesia untuk menambah wawasan. Game yang dikembangkan, berjudul Oddish Adventure, dirancang menggunakan platform Construct 3, yang berbasis HTML5, untuk menyajikan pengalaman belajar yang menghibur. Game ini mengintegrasikan berbagai elemen kebudayaan Indonesia, seperti lagu daerah, tarian adat, senjata adat, dan seni pertunjukan daerah, dalam gameplay yang interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Oddish Adventure berhasil menggabungkan konten edukatif dengan desain permainan yang menarik, memungkinkan pemain untuk mempelajari kebudayaan Indonesia secara mendalam tanpa mengurangi aspek hiburan. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi kualitas platform Construct 3 dalam pengembangan game edukatif dan memberikan kontribusi ide untuk pengembangan game pembelajaran interaktif di masa depan.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB