
Perancangan Sekolah Khusus Autisme di Medan Timur Dengan Pendekatan Arsitektur Prilaku
Perancangan Sekolah Khusus Autisme di Medan Timur Dengan Pendekatan Arsitektur Prilaku, Perancangan Sekolah Khusus...
Author: AMELIN AL YUNIRSYAH MUNTHE
Date: 2025
Keywords: Perancangan Sekolah Khusus
Type: Skripsi
Category: penelitian
Pendidikan merupakan hak setiap individu, termasuk bagi anak-anak yang mengalami gangguan seperti autisme. Anak autis, meskipun seringkali diasumsikan memiliki keterbatasan, sebenarnya dapat memiliki kemampuan luar biasa di berbagai bidang seperti musik, olahraga, menggambar, dan matematika. Peran guru sangat penting dalam mengembangkan bakat dan kreativitas mereka, serta membantu mereka menjadi mandiri dan dapat berinteraksi dengan orang lain. Namun, perilaku anak autis berbeda dengan anak-anak pada umumnya, yang meliputi perilaku berlebihan seperti agresif dan gerakan berulang, serta perilaku berkekurangan dalam keterampilan motorik dan sosial. Mengingat perbedaan ini, anak autis memerlukan pendidikan yang lebih spesifik. Di Kota Medan, data resmi mengenai jumlah anak autis masih terbatas, namun beberapa sekolah khusus melaporkan adanya anak dengan gangguan spektrum autisme. Kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya fasilitas pendidikan yang dapat mengakomodasi kebutuhan khusus anak autis, yang seringkali terpaksa disekolahkan di SLB dengan fasilitas terbatas. Oleh karena itu, diperlukan perancangan sekolah khusus yang dapat mendukung mereka dalam hidup mandiri dan diterima di masyarakat. Perancangan bangunan pendidikan untuk anak autis dengan pendekatan arsitektur perilaku ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang dapat memenuhi kebutuhan psikologis dan fisik mereka, mendukung proses belajar dan interaksi sosial mereka secara optimal. Diharapkan melalui perancangan ini, anak-anak autis dapat memperoleh pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan mereka, serta dapat berkembang dengan baik dalam masyarakat.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB