
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Pada Puskesmas Kenangan Prumnas Mandala Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Pada Puskesmas Kenangan Prumnas Mandala Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Kualitas Pelayanan, Kualitas Informasi, Kepuasan Pengguna, Sistem Informasi Akuntansi...
Author: DANIEL FRANSISKUS M.P. SITANGGANG
Date: 2025
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kualitas Informasi, Kepuasan Pengguna, Sistem Informasi Akuntansi
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kenangan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi di Puskesmas Kenangan Prumnas Mandala. Dalam era digitalisasi, sistem informasi akuntansi memainkan peran penting dalam mendukung operasional dan pengambilan keputusan di organisasi pelayanan kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden yang merupakan pengguna sistem informasi akuntansi di puskesmas tersebut. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas informasi secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Kualitas informasi memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan dengan kualitas pelayanan. Temuan ini mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kepuasan pengguna, manajemen puskesmas perlu fokus pada peningkatan kualitas informasi yang akurat, relevan, dan mudah diakses, serta memperbaiki aspek-aspek pelayanan yang mendukung penggunaan sistem informasi akuntansi. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi peningkatan kualitas layanan dan informasi dalam rangka meningkatkan kepuasan pengguna di sektor pelayanan kesehatan.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB