
PENINGKATAN LITERASI DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN
PENINGKATAN LITERASI DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN, Literasi Digital, Mata Pelajaran PAI, Kurikulum Merdeka...
Author: SULASTRI. A
Date: 2025
Keywords: Literasi Digital, Mata Pelajaran PAI, Kurikulum Merdeka
Type: Jurnal
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Literasi Digital Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA Islam AlUlum Terpadu Medan. (a) Literasi digital menjadi keterampilan penting dalam era Revolusi Industri 4.0, di mana kemampuan untuk menggunakan, mengakses, dan mengevaluasi informasi dari sumber digital menjadi krusial bagi keberhasilan siswa. Dalam konteks PAI, literasi digital tidak hanya membantu siswa memahami nilai-nilai agama dengan lebih baik, tetapi juga melindungi mereka dari informasi yang kurang akurat. Kurikulum Merdeka, yang mulai diterapkan di Indonesia, mendorong integrasi teknologi dalam pendidikan, memberikan fleksibilitas bagi guru dan siswa dalam memanfaatkan alat digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. (b) Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang melibatkan wawancara dan observasi di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan dari tanggal 30 September hingga 30 Oktober 2024. (c) Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan literasi digital di sekolah tersebut memiliki dampak positif dalam proses pembelajaran PAI. Teknologi digital memfasilitasi akses ke sumber pembelajaran yang lebih variatif, hasil penigkatan literasi digital di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan yaitu diskusi dan evaluasi materi agama dengan lebih interaktif. Beberapa pencapaian yang diperoleh termasuk penggunaan platform digital seperti Google Classroom, Alquran IPTEK dan perpustakaan digital, yang mendukung siswa dalam mengakses dan memahami informasi dengan lebih kritis. Meskipun demikian, tantangan tetap ada, seperti kebutuhan pelatihan bagi guru dan keterbatasan sarana teknologi di sekolah. (d) Penelitian ini menyimpulkan bahwa literasi digital memiliki potensi besar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI dan mendukung pengembangan karakter siswa yang sejalan dengan nilai-nilai agama Islam. Adanya strategi yang tepat, seperti pelatihan guru dan pengembangan program berbasis teknologi, dapat membantu sekolah meningkatkan efektivitas pembelajaran dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di era digital.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB