REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Analisis Atraksi Wisata, Memorable Experience, dan Tourist Engangement terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Giant Hill Circuit Kabupaten Langkat

TYA MUTYA PUTRI (2024)

penelitian-analisis-atraksi-wisata-memorable-experience-dan-tourist-engangement-terhadap-keputusan-berkunjung-wisatawan-ke-giant-hill-circuit-kabupaten-langkat

Analisis Atraksi Wisata, Memorable Experience, dan Tourist Engangement terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Giant Hill Circuit Kabupaten Langkat

Analisis Atraksi Wisata, Memorable Experience, dan Tourist Engangement terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Giant Hill Circuit Kabupaten Langkat, Atraksi Wisata, Memorable Experience, Tourist Engagement, Keputusan Berkunjung...

Author: TYA MUTYA PUTRI
Date: 2024
Keywords: Atraksi Wisata, Memorable Experience, Tourist Engagement, Keputusan Berkunjung
Type: Skripsi
Category: penelitian

Analisis Atraksi Wisata, Memorable Experience, dan Tourist Engangement terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Giant Hill Circuit Kabupaten Langkat Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh dari atraksi wisata, memorable experience, dan tourist engagement terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Giant Hill Circuit Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2278 pengunjung dengan sampel yang diambil sebanyak 96 pengunjung sebagai responden. Jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Penelitian ini menggunakan data primer-kuantitatif yang dikumpulkan melalui kuesioner dan kemudian diolah dengan aplikasi SPSS Versi 24. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atraksi wisata, memorable experience, dan tourist engagement baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung di Wisatawan ke Giant Hill Circuit Kabupaten Langkat. Atraksi wisata memiliki nilai regresi sebesar 0,339, thitung sebesar 4,251 dengan signifikan sebesar 0,000. Memorable experience memiliki nilai regresi sebesar 0,285, thitung sebesar 3,568 dengan signifikan sebesar 0,001. Tourist engagement memiliki nilai regresi sebesar 0,282, thitung sebesar 4,008 dengan signifikan sebesar 0,000. Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 160,817 dengan signifikan sebesar 0,000. Nilai ttabel sebesar 1,986 dan Ftabel sebesar 2,704 sehingga thitung > ttabel dan Fhitung > Ftabel dengan signifikan < 0,05 maka terima Ha dan tolak Ho yang artinya benar adanya pengaruh signifikan. Hal ini menunjukkan hipotesis H1, H2, H3, dan H4 dapat diterima dan terbukti benar karena hasil penelitian sejalan dengan hipotesis yang diajukan. Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan berkunjung adalah variabel atraksi wisata dengan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0,372. Sekitar 83,5% keputusan berkunjung dapat dijelaskan dan diperoleh dari atraksi wisata, memorable experience, dan tourist engagement, sedangkan sisanya diperoleh dari faktor lain. Keputusan Berkunjung memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap atraksi wisata, memorable experience, dan tourist engagement.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB