REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

UPAYA MENINGKATKAN GERAKAN LOKOMOTOR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK PADA KELOMPOK B DI TK ABA BHAKTI KARYA

DESMI INDAH RAMADANI (2024)

penelitian-upaya-meningkatkan-gerakan-lokomotor-melalui-permainan-tradisional-bakiak-pada-kelompok-b-di-tk-aba-bhakti-karya

UPAYA MENINGKATKAN GERAKAN LOKOMOTOR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK PADA KELOMPOK B DI TK ABA BHAKTI KARYA

UPAYA MENINGKATKAN GERAKAN LOKOMOTOR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK PADA KELOMPOK B DI TK ABA BHAKTI KARYA, Gerakan Lokomotor, Permainan Tradisional Bakiak, Anak Usia Dini, Penelitian Tindakan Kelas, TK ABA Bhakti Karya....

Author: DESMI INDAH RAMADANI
Date: 2024
Keywords: Gerakan Lokomotor, Permainan Tradisional Bakiak, Anak Usia Dini, Penelitian Tindakan Kelas, TK ABA Bhakti Karya.
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini berjudul "Upaya Meningkatkan Gerakan Lokomotor Melalui Permainan Tradisional Bakiak Pada Kelompok B di TK ABA Bhakti Karya Kota Binjai." Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pengamatan yang menunjukkan bahwa dari 15 anak, hanya 3 anak atau 20% yang memiliki kemampuan gerakan lokomotor yang berkembang sangat baik, sementara secara keseluruhan kemampuan lokomotor di kelas masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan gerakan lokomotor di TK ABA Bhakti Karya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan fokus pada kelompok B Anggrek di TK ABA Bhakti Karya, Kelurahan Bhakti Karya, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai. Permainan tradisional bakiak dipilih sebagai metode untuk meningkatkan gerakan lokomotor anak. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama, tingkat perkembangan mencapai 13,3%, meningkat menjadi 33,4% pada pertemuan kedua siklus I, kemudian mencapai 53,3% pada pertemuan pertama siklus II, dan akhirnya mencapai 86,7% pada pertemuan kedua siklus II. Ini menunjukkan bahwa permainan tradisional bakiak efektif dalam meningkatkan gerakan lokomotor anakanak. Selain itu, indikator pencapaian dengan kategori BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan), dan BSB (Berkembang Sangat Baik) juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa permainan tradisional bakiak dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan gerakan lokomotor anak di TK ABA Bhakti Karya. Disarankan bagi pendidik dan pengelola sekolah untuk mempertimbangkan penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran sehari-hari guna mendukung perkembangan motorik anak- anak.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB