
Pengaruh Pengendalian Diri, Efektivitas Media Pembelajaran, Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi (Studi Kasus Siswa/i Jurusan Akuntansi SMK Brigjend Katamso Medan)
Pengaruh Pengendalian Diri, Efektivitas Media Pembelajaran, Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi (Studi Kasus Siswa/i Jurusan Akuntansi SMK Brigjend Katamso Medan), Hasil Belajar Akuntansi, Pengendalian Diri, Media Pembelajaran, Motivasi dan Minat Belajar...
Author: SELVIANI
Date: 2025
Keywords: Hasil Belajar Akuntansi, Pengendalian Diri, Media Pembelajaran, Motivasi dan Minat Belajar
Type: Skripsi
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengendalian diri, efektivitas media pembelajaran, motivasi, dan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan sejumlah siswa sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur variabel-variabel tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengendalian diri, efektivitas media pembelajaran, motivasi, dan minat belajar secara signifikan mempengaruhi hasil belajar akuntansi. Pengendalian diri terbukti memiliki kontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar. Efektivitas media pembelajaran juga berperan penting dalam memfasilitasi pemahaman materi akuntansi. Selain itu, motivasi dan minat belajar siswa secara keseluruhan meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor tersebut harus dipertimbangkan secara holistik dalam upaya meningkatkan hasil belajar akuntansi. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pendidik dan pembuat kebijakan pendidikan untuk fokus pada pengembangan strategi yang dapat meningkatkan pengendalian diri, efektivitas media pembelajaran, serta motivasi dan minat belajar siswa.
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB